Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami, Mudah dan Efektif

Cara menghilangkan komedo
Bagaimana cara menghilangkan komedo di hidung secara alami dan cepat? Mungkin sobat saat ini sedang mengalami suatu kondisi dimana pada bagian wajah, terutama di sekitar area T(dahi, hidung, dan dagu) terdapat bintik-bintik putih dan ataupun hitam yang telah menodai kecantikan/ketampanan anda. Kondisi seperti inilah yang sering dikatakan sebagai komedo. Tapi mungkin anda merasa kurang puas dengan penjelasan di atas, tetap saja masih ada yang bertanya apa itu komedo, apa itu blackhead atau whitehead.

 Baiklah pada kesempatan ini saya selaku admin Kait Kata mencoba membahas masalah komedo secara mendetil walaupun mungkin belum selengkap seperti di wikipedia dan memenuhi keinginan pembaca sekalian, tapi semoga bermanfaat untuk anda yang telah masuk ke blog sederhana ini atas petunjuk dari Mr. Google. Daftar isi artikel ini terdiri dari:
 1. Pengertian Komedo
 2. Perbedaan Blackhead dan Whitehead
 3. Faktor Penyebab Komedo
 4. Cara Mengatasi/menghilangkan Komedo
    - Menggunakan uap air panas
    - Menggunakan Masker Putih telur
    - Menggunakan Daun Nangka Tua
    - Menggunakan Beras ketan + kulit kayu manis
 5. Cara mencegah komedo
 6. Produk untuk mengatasi/menghilangkan komedo

Pengertian apa itu komedo

Komedo adalah suatu keadaan dimana pori-pori kulit mengalami penyumbatan sehingga, baik itu kotoran maupun minyak tidak bisa keluar dari dalam kulit. Komedo bukanlah jerawat, komedo itu berbeda dengan jerawat. Namun apabila keadaan penyumbatan pori-pori ini berlangsung secara terus-menerus, maka komedo bisa menjadi jerawat.


Apa perbedaan blackhead dengan whitehead.

menghilangkan komedo secara alami di hidung
Ini adalah istilah lain dari komedo. Pori-pori yang tersumbat (komedo) bisa ada yang terbuka, bisa juga dalam kondisi tertutup. Keadaan dimana suatu komedo terbuka dinamakan blackhead atau blakcheads(bingung gimana nulisnya yang benar). Sedangkan komedo yang tertutup dinamakan whitehead. Perbedaan kedua jenis komedo ini adalah kalau yang terbuka(blackhead) terdapat kotoran yang menempel pada pori-pori yang disebabkan oleh kotoran seperti debu, sisa kosmetik dan ataupun sel-sel kulit mati, makanya terlihat ada noda hitam.cara menghilangkan komedo dengan cepat di hidung secara alami tradisional  Sedangkan pada komedo tertutup(whitehead) terdapat kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat tadi sehingga menghalangi keluarnya minyak dan sel kulit mati dari dalam kulit. Sel kulit mati dan hasil sekresi kelenjar minyak inilah yang membentuk bintik atau benjolan yang sangat kecil yang berwarna putih.


Penyebab munculnya komedo di hidung

Seperti telah dijelaskan di atas, komedo dihasilkan ketika sel kulit mati dalam liang pori tidak dapat disalurkan keluar ke permukaan kulit. Sebaliknya, ia berkumpul dan bergabung dengan sebum lalu menyebabkan tersumbat di dalam liang pori kulit. Bila komedo tersebut pecah di bawah kulit, bakteri akan menyerang jaringan kulit sekitarnya membentuk benjolan kecil berwarna merah yang disebut papule atau jerawat. Namun komedo tidak hanya muncul di hidung, tapi juga bisa di dahi dan di dagu (sekita area T pokoknya).

Faktor lain yang memudahkan seseorang terkena komedo terbuka atau black heads adalah faktor keturunan (genetik) yaitu jenis kulit berminyak dan pengelupasan (exfoliation) kulit kurang sempurna.


Cara Menghilangkan Komedo Secara alami

Untuk menghilangkan komedo di hidung ataupun di area lain sekitarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik cara alami maupun secara medis. Untuk cara alami anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini macam-macam cara menghilangkan komedo:

 A. Menggunakan uap air panas

 Cara menghilangkan komedo memanfaatkan suhu dari uap air yang mendidih dapat digunakan untuk membuka pori-pori yang terkena komedo. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:
1. Ambil semangkuk air yangg baru didihkan (yang masih banyak uapnya)

2. Tempatkan muka Anda antara 10cm sampai 15 cm di atas permukaan mangkuk tadi sehingga uap mengenai muka Anda. Jangan tepat di airnya ya. Saya tidak bertanggung jawab kalau sampai anda melakukan ini menghilangkan komedo secara tradisional. Tunggu sampai wajah anda terasa hangat dan mengeluarkan keringat.

3. Ambil handuk dan berselubunglah muka Anda di atas
semangkuk air panas yang beruap tadi. Kali ini boleh lebih dekat dengan permukaan mangkuknya. Tapi handuknya jangan terlalu tebal karena justru akan menghalangi uap air menghembusi wajah anda.

4. Tunggu beberapa saat sampai uapnya habis dan air panas tadi berubah menjadi hangat.

5. Setelah itu gunakan cermin dan lihat apakah blackhead/whitehead Anda sudah keluar. Kalau sudah pada saat itu juga segera bersihkan atau cabutlah dengan menggunakan alat. Boleh juga menggunakan kuku dari ibu jari anda, tapi pastikan kuku anda dalam keadaan steril

6. Setelah komedo nya sudah bersih semua segera cuci muka dengan cleanser. Pakailah Scrub setelah itu.

7. Oleskan muka langsung pakai toner / moisturiser pilihan Anda.
Oleskan juga treatment (obat jerawat) pada muka.

Lakukan cara ini seminggu 2 kali saja sudah cukup.

B. Menggunakan putih telur

Untuk menghilangkan komedo dengan menggunakan putih telur, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:
1. Gunting tisu kecil-kecil sekitar 1/4 telapak tangan anda. Kertas tisu biasanya 2 lapis. Pisahkan, jadikan 1 lapis saja.

2. Celupkan kertas tisu tadi ke dalam putih telur, hati-hati agar tisunya tidak terlipat.

3. Kemudian tempelkan pada muka.

4. Lakukan sampai semua bagian yang banyak blackhead / whitehead itu tertutupi oleh sehelai lapisan tisu yang bersalut putih telur.

5. Tunggu sampai betul-betul kering. Apabila sudah betul-betul kering (seperti masker), lepaskan tisu itu dari muka secara  perlahan-lahan.

6. Anda akan melihat bintik-bintik komedo yang terlepas dari pori-pori dan melekat pada tisu.

7. Kemudian cuci muka seperti biasa.

Lakukan ini selalu sampai tidak ada lagi komedo yang melekat pada tisu.

C. Menggunakan daun nangka

Anda bisa menghilangkan komedo dengan daun nangka, cara nya sebagai berikut:
1. Lumatkan sehelai daun nangka yang agak tua dengan sedikit air.
2. Oleskan pada muka yang telah dibersihkan.
3. Setelah kering, bersihkan muka dengan menggunakan air hangat.

D. Menggunakan beras ketan dan kulit kayu manis

Beras ketan tak hanya enak untuk jajanan, tetapi juga memiliki manfaat untuk menghilangkan komedo:
1. Campurkan beras ketan dengan kulit kayu manis.
2. Kemudian sangrai atau goreng tanpa minyak sampai kekuningan.
3. Tumbuk dan gosokkan pada muka dua kali seminggu.
4. Cuci muka yang bersih.

Cara Mencegah komedo tumbuh di wajah

Untuk mencegah pertumbuhan komedo tentunya anda harus menghindari hal-hal yang menjadi penyebab timbulnya komedo tersebut. Diantaranya adalah sebagai berikut:
- Hindarilah diri dari lingkungan yang lembab. Lingkungan lembab merupakan tempat bersarangnya bakteri, termasuk bakteri yang meyebabkan komedo.
- Hindari terkena sinar matahari (ultraviolet) langsung terlalu lama.
- Gunakan kosmetik yang bebas minyak dan jangan terkena pada area yang terdapat komedo
- Rajinlah mencuci muka, terutama pada pagi hari sehabis bangun dan malam sebelum tidur.
- Gunakan pembersih muka yang cocok atau boleh juga yang mengandung scrub untuk membantu mengangkat kotoran pada kulit.

Produk perawatan dan penyembuhan komedo

Ada berbagai macam produk untuk perawatan dan penyembuhan komedo, tapi untuk saat ini saya belum mempunyai referensi yang bisa saya informasikan kepada pembaca sekalian. Tunggu saja dulu ya.. Nanti kalau saya sudah menemukan produk yang pas baik dari segi manfaat, kelengkapan legalitas yang cukup, dan tentu saja harga yang relatif terjangkau, maka saya akan tambahkan lagi ke dalam dafar ini.

Penutup

Akhirnya sampai juga kita pada penghujung artikel yang panjang dan melelahkan ini ^_^. Tapi besar harapan saya akan apa yang saya tulis di atas bermanfaat dan bisa membantu menyelesaikan masalah pembaca sekalian. Selamat mencoba,... semoga lekas normal kembali masalah komedo nya. Dan terakhir....... Terima kasih anda sudah betah dan menyediakan waktu untuk membaca Cara menghilangkan komedo. Sampai jumpa di artikel selanjutnya yaitu tips tambahan

If you enjoyed this article, sign up for free updates.

author picture

About Author

I'am Yuwira Nicolas, a part-time blogger and template designer from Indonesia who is the founder And Author of Kait Kata. I love create Blogger Themes, write about blog design, And Blogspot tweaks. You can subscribe me on G+ @ Yuwira Nicolas .