Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara alami Terbaru 2013

rambut rontok
Bagaimana cara mengatasi rambut rontok? Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya rambut rontok. Berbagai cara untuk mengatasi nya pun dicoba, dari yang secara modern sampai dengan cara alami dengan menggunakan bahan herbal tradisional pun dilakukan. Ada yang berhasil, namun tak sedikit pula yang gagal dalam menerapkannya. Sebenarnya rambut akan rontok setiap harinya antara 50 hingga 100 helai per hari. Dan itu adalah bersifat alamiah. Namun apabila kerontokan yang terjadi pada kita terlalu berlebihan, tentunya akan menyebabkan keresahan. Oleh karena itulah masalah ini harus segera diatasi sebelum menyebabkan kebotakan.

 Baiklah setelah sebelumnya Kait Kata membahas tentang Cara menghilangkan komedo secara alami, maka dalam kesempatan ini blog ini juga akan membahas tentang cara untuk mengatasi kerontokan pada rambut tentunya secara alami.

Penyebab rambut rontok

Kenapa rambut anda rontok? Ketahuilah penyebabnya. Masalah kerontokan rambut hari ini tidak hanya terjadi pada pria bahkan kaum wanita juga rentan dengan risiko rambut rontok. Mari kita lihat jenis-jenis kerontokan rambut di kalangan wanita:

1) Akibat Hormon
Ketidakseimbangan hormon bisa menyebabkan kerontokan rambut. 90% wanita yang menopause mengalami kerontokan rambut.

2) Kerontokan rambut ketika menginjak dewasa
Masalah ini terjadi akibat rambut mulai rontok secara bertahap saat remaja dan akhirnya mengakibatkan kebotakan. Untuk kasus-kasus serius, mungkin mengakibatkan kehilangan rambut ketika individu mencapai umur 30 tahun.

3) Rambut Rontok setelah melahirkan 140 atau bersalin
Kebanyakan para ibu akan berhadapan dengan masalah kerontokan rambut yang signifikan setelah bersalin. Rambut yang rontok setelah melahirkan adalah rambut yang biasanya akan rontok saat sembilan bulan kehamilan tetapi tidak rontok dan kini akan rontok dari bulan ke-2 sampai ke-6 setelah bayi dilahirkan. Selengkapnya baca link ini:

Kerontokan rambut setelah melahirkan terjadi pada hampir 40% wanita yang melahirkan dan bisa menjadi suatu pengalaman yang menakutkan bagi wanita. Meskipun rambut baru tidak diproduksi, folikel-folikel tetap hidup. Secara tidak lansung ini  memberi harapan kepada ibu-ibu yang melahirkan bahwa rambut baru masih bisa tumbuh. Akan tetapi, jika tidak dirawat, hal ini bisa menjadi kehilangan rambut yang permanen. Kerontokan rambut juga terlihat pada wanita-wanita yang menyusui mereka.

Cara Mengatasi rambut rontok secara alami

Untuk  cara mengatasi kerontokan rambut secara alami, anda bisa melakukan beberapa tips sederhana berikut ini:

1. Jeruk Nipis:
 Belah jeruk nipis dan gosokkan pada kulit kepala sampai rata. Setelah kering, oleskan telur ayam pada kulit sampai rata dan bungkus kepala Anda dengan handuk selama 1 malam. Keesokan paginya, bersihkan rambut Anda dengan mandi dan keramas. lakukan langkah ini 4 kali seminggu.

2. Santan Kelapa:
 Menggunakan santan untuk menyuburkan rambut Anda. Lumurkan keseluruhan rambut sampai ke kulit kepala untuk mendapatkan hasil yang baik. Jangan langsung mencuci rambut Anda. Keringkan rambut Anda dengan handuk, diamkan selama ½ jam. Tunggu hingga minyaknya meresap kehanduk. Kemudian basuh dengan air hangat terlbih dahulu baru kemudian keramas seperti biasa. Lakukan ini selama 2 bulan.

3. Bunga Kembang Sepatu dan Lidah buaya:
 Ambil beberapa helai daun bunga kembang sepatu (Hibiscus rosasinensis) dan lidah buaya. Cuci sampai bersih dan tumbuk sampai hancur dan campurkan dengan minyak zaitun. Usapkan ramuan itu di atas kepala selama 1 jam. Atau lebih baik lagi hasilnya kalau dibawa tidur semalaman, balutlah dengan kain atau handuk agar tidak meleleh kebantal. Lakukan ini 2 kali seminggu. Selain untuk menyuburkan dan mengatasi rambut rontok, juga bisa untuk menghitamkan rambut serta mencegah uban.

4. Buah Semangka:
 Setiap kali Anda makan buah semangka, jangan buang kulitnya. Ambil bagian kulit semangka dan gosok kulit kepala Anda. Biarkan ia meresap ke kulit kepala dan tunggu dalam waktu 20 sampai 30 menit. Setelah itu barulah Anda cuci rambut Anda sebersih-bersihnya. Jika Anda mau, biarkan semalaman pun tak masalah. Gunakan "shower cap" atau balut dengan kain agar tidak meleleh ke bantal tidur Anda. Anda hanya perlu lakukan metode ini sekali dalam seminggu.

5. Bawang Merah:
 Tumbuk bawang merah hingga halus. Campurkan air masak secukupnya. Oleskan pada kulit kepala dan biarkan selama 30 menit. Kemudian, bersihkan seperti biasa. lakukan metode ini setiap hari sampai rambut anda normal kembali.

6. Biji Kelabat atau Fenugreek:
 Tumbuk biji Fenugreek sampai hancur dan oleskan pada rambut. Setelah itu biarkan selama ½ jam. Selanjutnya bilas dengan air bersih. Lakukan seminggu sekali. Herbal ini membantu rambut menjadi bersinar dan menyelesaikan masalah kerontokan.

7. Kacang Hijau:
 Rendam secangkir kacang hijau semalaman. Kemudian saring dan ambil airnya untuk dioleskan pada kulit kepala sambil kulit kepala dipijat-pijat secara perlahan. Lakukan setiap hari. Juga, hindari mengikat rambut dengan karet.

8. Minyak Zaitun, telur dan madu:
 Campurkan 5 sendok besar minyak zaitun bersama 2 biji telur atau 2 sendok madu lebah, lumurkan keseluruh rambut. Balut kepala dengan plastik atau menggunakan "shower cap" dan biarkan selama 15 menit dan bilas. Lakukan sekali seminggu.

10. Jus Lemon:
 Mandi dan keramaslah, setelah itu, lumurkan 1 cangkir jus lemon yang baru diperas dan pijat ke kulit kepala. Setelah itu, bilas. Gunakan conditioner yang biasa Anda gunakan untuk bilasan terakhir untuk membuang segala kotoran. rambut rontok

11. Pisang Masak dan Minyak Almond:
 Hancurkan pisang masak dan campur dengan beberapa tetes minyak almond dan pijat-pijat ke rambut. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air soda. Kemudian keramas (sebaiknya menggunakan shampoo herbal) dan conditioner.

12. Lemak / Minyak ayam:
 Ambil lemak ayam dan masak hingga menjadi minyak. Oleskan pada kulit kepala, sebaiknya pada waktu malam hari.

13. Arang dan Minyak Kelapa:
 Ambil sedikit arang dan tumbuk sampai lumat. Kemudian campurkan dengan minyak kelapa. Oleskan ramuan ini seluruh rambut dan biarkan 1 sampai 2 jam. Bilas dan keringkan. Lakukan seminggu sekali atau 2 kali sebelum keramas.

Nutrisi untuk Perawatan rambut rontok

Cara terbaik untuk merawat, mengatasi dan mencegah rambut rontok adalah dengan memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut anda. Rambut yang rontok membutuhkan beberapa nutrisi dan vitamin agar bisa mempertahankan diri dari kerapuhan serta untuk memperkuat akarnya. Serta untuk pertumbuhan kembali bakal-bakal rambut. Nutrisi yang diperlukan untuk perawatan rambut rontok diantaranya:

 1.  Zinc :
      Kekurangan Zinc terbukti menyebab kerontokan rambut secara ilmiah.
 2. Vitamin B-Complex : nutrisi penting dalam produksi hemoglobin (bawa oksigen ke kepala).
     Biotin (salah satu jenis vitamin B) sangat dibutuhkan untuk merawat rambut rontok.
 3. Vitamin C : fungsinya memproduksi kolagen, struktur penting untuk rambut.
 4.  Multivitamin : gaya hidup aktif dan sibuk zaman sekarang, menyebabkan kita tidak sempat memastikan    makanan mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Kekurangan nutrisi bisa menyebabkan rambut rontok terutama zat besi.

If you enjoyed this article, sign up for free updates.

author picture

About Author

I'am Yuwira Nicolas, a part-time blogger and template designer from Indonesia who is the founder And Author of Kait Kata. I love create Blogger Themes, write about blog design, And Blogspot tweaks. You can subscribe me on G+ @ Yuwira Nicolas .