7 Penyebab Kenapa Anda makan terlalu banyak dan sering

akibat makan terlalu banyak dan sering cepat lapar
Apa yang menyebabkan anda makan terlalu banyak dan bahkan sering? Kenapa anda baru saja selesai makan tetapi tidak lama kemudian merasa terlalu cepat lapar kembali? Rasa lapar dan ingin makan tentu saja merupakan gejala yang alamiah yang dialami oleh setiap orang ketika tubuh sudah mulai kehabisan energi dan perlu energi baru untuk menjalankan tugas rutin menggerakkan metabolisme tubuh.

Namun tentu saja kalau makan dalam jumlah atau porsi yang berlebihan dan juga terlalu sering bisa berakibat tidak baik untuk kesehatan dan juga bisa menyebabkan berat badan anda bertambah dan juga kegemukan. Di artikel sebelumnya yaitu Cara meningkatkan metaolisme tubuh, dijelaskan pada poin ke 5 bahwa dianjurkan makan lebih sering tapi dengan porsi yang sedikit. Nah dalam kasus ini adalah apabila seseorang makan terlalu sering tapi dalam jumlah yang banyak pula, tentu tidak baik bagi metabolisme tubuh karena organ pencernaan belum selesai mengolah makanan tapi sudah dijejali makanan lagi. Contoh misalnya ketika di tempat kerja anda ada tugas yang belum selesai dikerjakan, tetapi kemudian atasan anda memberikan tugas yang baru. Pastilah sedikit banyak kita akan stress/tertekan. Begitu juga dengan tubuh kita7 Penyebab Kenapa Anda makan terlalu banyak dan sering.

Nah,.. Apakah Anda mengetahui, apa yang menyebabkan Anda makan banyak sekali? Berikut ini Kait Kata coba berikan contoh-contohnya kenapa seseorang bisa makan banyak sekali:

1. Terlalu banyak minum minuman yang manis
Hasil dari penelitian oleh University of California di San Fransisco menemukan bahwa gula dapat menipu otak terhadap keinginan untuk makan lebih banyak. Gula menghalangi hormon leptin yang bertugas memberitahu otak bahwa seseorang telah mengasup jumlah makanan yang cukup. Ketika ini terjadi, seseorang tidak menyadari bahwa sebenarnya perutnya sudah dipenuhi oleh makanan. Jadi ini yang menyebabkan Anda cenderung untuk makan lagi meskipun baru saja selessai makan.


2. Makan makanan Kaleng
Makanan di dalam kaleng terkena zat kimia seperti bisphonel-A atau BPA, yang turut mempengaruhi penurunan kinerja dari hormon leptin seseorang. Ini akan menyebabkan seseorang untuk makan banyak sekali dan ini adalah salah satu penyebab terhadap masalah obesitas.

3. Sarapan yang tidak mencukupi
Hasil penelitian terhadap 6746 orang yang dilakukan selama 4 tahun menemukan bahwa seseorang yang makan pagi yang mengandung 300 kalori pada waktu pagi akan meningkatkan pertambahan berat badan mereka sebanyak 2 kali lipat dibandingkan mereka yang mendapatkan 500 kalori setiap sarapan pagi. Ini karena sarapan yang tidak mencukupi akan menyebabkan seseorang untuk makan banyak dan juga sering sepanjang hari.

4. Tidak atau kurang makan sayuran
Khasiat dalam sayuran dapat membantu untuk seseorang merasa kenyang lebih lama dan ini dapat menghindari Anda dari makan terlalu banyak dan sering.

5. Tidak minum teh kurang gula
Seperti telah ditulis di poin 1. bahwa gula bisa menipu otak. Hasil dari penelitian menemukan bahwa seseorang yang minum teh kurang gula setelah makan akan membuat mereka merasa lebih kenyang dan secara tidak langsung dapat mencegah mereka makan dalam jumlah yang banyak banyak pula.

6. Kurang minum air masak
Tubuh yang kurang air akan menyebabkan seseorang untuk makan lebih banyak karena meningkatkan kelaparan seseorang. Sebaiknya, sebelum Anda makan, minumlah air masak terlebih dahulu.

7. Kebosanan
Hasil dari penelitian peneliti dari Flinders University, Australia mereka menemukan bahwa kebosanan akan meningkatkan keinginan seseorang untuk makan lebih banyak. Jadi isi lah waktu luang Anda dengan aktivitas yang berguna. Jangan biarkan diri Anda merasa bosan yang mengakibatkan Anda cenderung untuk makan banyak.
Baca juga artikel menarik di bawah ini ya:
Jenis minuman penurun berat badan .
Bagaimana sih mempertahankan motivasi diet dan menurunkan berat badan itu
Jangan lewatkan artikel Cara menurunkan berat badan secara alami

Semoga setelah mengetahui apa yang menjadi penyebab dan akibat Anda makan terlalu banyak, anda bisa mencoba untuk menghindari hal-hal ynag bisa merusak diet Anda serta usaha anda  untuk menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat, salam sehat dan sukses untuk anda.

Kunjungi juga artikel kesehatan lainnya:
Cara menghilangkan jerawat batu secara alami dengan daun mengkudu.
Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami
Menghilangkan jerawat yang efektif dengan cara tradisional.

If you enjoyed this article, sign up for free updates.

author picture

About Author

I'am Yuwira Nicolas, a part-time blogger and template designer from Indonesia who is the founder And Author of Kait Kata. I love create Blogger Themes, write about blog design, And Blogspot tweaks. You can subscribe me on G+ @ Yuwira Nicolas .