Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat Secara Alami

cara menurunkan berat badan dengan cepat secara alami tanpa olahraga
Jika Anda ingin tahu cara menurunkan berat badan dengan cepat, Anda tidak sendirian. Karena banyak orang Indonesia ini yang mencoba untuk mengurangi berat badan mereka dalam waktu singkat. Meskipun ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menguruskan badan, namun menurunkan berat badan terlalu cepat bisa jadi malah berbahaya untuk kesehatan anda. Cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengkonsumsi lebih banyak makanan seimbang dan melakukan olahraga secara konsisten. Ini karena usaha menguruskan badan harus ditujukan pada proses pengurangan lemak tubuh dan bukannya air seperti yang dilakukan oleh beberapa orang.

Kali ini Blog Kait Kata kembali hadir dengan tulisan terbaru dan masih seputar tips kesehatan untuk memberikan tips untuk menurunkan berat badan secara alami, lalu bagaimana caranya agar bisa mencapai berat badan yang ideal. Seperti yang kita tahu, dewasa ini semakin banyak orang yang telah mencapai tingkat obesitas atau kegemukan.

Berdasarkan statistik yang dihasilkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebanyak 29% penduduk dewasa memiliki berat badan yang lebih dan 14% mengalami obesitas pada tahun 2006. Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan juga sehat alami.

7 Cara Alami Menurunkan Berat Badan Anda

 1. Kunyah makanan lebih lama dari biasa. Ini akan membuat Anda cepat kenyang lantas akan    mengurangi konsumsi makanan. Kurangi konsumsi makanan yang tidak sehat sedikit demi sedikit. Makan makanan yang kurang lemak. Kurangi makanan yang mengandung jumlah gula yang tinggi.

  2. Jika Anda terasa lapar, makan hanya sedikit nasi dan banyakkan makan buah-buahan dan sayuran untuk menghilangkan rasa lapar.

 3. Jangan makan lewat malam. Jika Anda tergolong dalam kelompok ini, kurangi konsumsi sedikit demi sedikit dan makan selambat-lambatnya 3 jam sebelum tidur. Jika Anda terbangun dari tidur pada waktu malam dan terasa lapar, minum air putih atau makan sebiji buah seperti apel atau pisang.

 5. Jangan terlepas atau sengaja melepaskan waktu makan Anda dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. Anda hanya akan berhasil menurunkan metabolisme tubuh saja dengan cara ini. Langkah terbaik adalah makan 5-7 hidangan sederhana sehari.

 4. Kontrol nafsu makan Anda. karena akan membuat Anda makan lebih dari yang seharusnya. Inilah sebabnya Anda perlu makan 5-7 kali hidangan sederhana sehari demi untuk mengontrol nafsu makan Anda.

 5. Jika Anda masih gagal mengontrol nafsu makan, Anda bisa membeli 'protein shakes' dan memakannya di antara hidangan dua kali sehari yaitu antara sarapan dan makan siang serta antara makan siang dan makan malam. Anda bisa menggunakan pil diet untuk mempercepat proses menurunkan berat badan. Tetapi ia akan menjadi sia-sia jika Anda tidak menerapkan cara makan yang benar dan sehat.

 6. Tingkatkan aktivitas fisik Anda. Latih diri berjalan setidaknya 400 meter sehari. Anda tidak perlu harus pergi ke gym atau jogging di lapangan olahraga. Tujuan utama adalah untuk membakar lebih banyak kalori. Lakukan aktivitas yang lebih misalnya ketika sedang menuju ke kantor atau di pusat perbelanjaan, parlir lah kendaraan Anda lebih jauh dari tujuan yang hendak dituju dan pilih untuk jalan kaki atau menggunakan tangga daripada menggunakan lift.

 7. Lakukan lah senam misalnya sit up dan push up setiap kali bangun tidur pada waktu pagi dan pada waktu petang setelah pulang kerja. Lakukan sebanyak 20 kali setiap set. Tambah porsi sit up dan push up anda dari hari ke hari sehingga mampu untuk membuat 100 kali setiap set. Dengan cara ini, Anda tidak hanya bisa menurunkan berat badan dengan cepat, bahkan berpotensi untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.
   
    Itulah 7 langkah sederhana yang bisa anda lakukan secara konsisten setiap harinya, dan semua itu diawali dari niat dan kesungguhan anda sendiri untuk benar-benar menerapkannya. Banyak juga tips-tips yang menyarankan anda untuk melakukan diet yang ketat, tapi kesalahan menerapkan diet semacam itu hanya akan menjadi sia-sia karena penurunan berat badan yang terjadi hanyalah bersifat sementara. Langkah mengelola badan yang paling efisien adalah saat seseorang dapat mengurangi berat badan secara konsisten yaitu setidaknya satu kilogram setiap minggu.

Kendala yang sering dihadapi   

Banyak orang yang melakukan diet untuk menguruskan badan mereka tetapi tidak berhasil, apa penyebabnya? Karena banyak orang yang melakukan diet dengan kondisi kekurangan kalori dan juga nutrisi penting untuk tubuh mereka. Memang betul bahwa bila kita mengurangi jumlah atau porsi makan kita, maka tubuh akan kekurangan kalori dacara menurunkan berat badan dengan cepat secara alami tanpa obat setelah melahirkan tanpa olahragan tubuh pun secara alami akan menggunakan lemak untuk diubah menjadi kalori.

Kondisi ini terjadi pada seseorang yang menerapkan diet yang ketat untuk tubuh mereka. Seperti yang telah ditulis di atas, bila badan kita kurang kalori, ia akan menggunakan lemak dan jaringan otot sebagai bahan bakar. Nitrogen dibebaskan bila terjadi reaksi dari jaringan otot, dan ia dibersihkan dan dikeluarkan dari tubuh sebagai urin. Makin banyak penggunaan jaringan otot, makin banyak nitrogen dihasilkan dan makin banyaklah air harus dikeluarkan. Kondisi ini bisa menyebabkan berat badan kita menurun karena produksi air tadi.

Bila badan kurang kalori, lemak telah habis dibakar, maka tubuh mulai menggunakan jaringan otot, sebenarnya ini malah melemahkan lagi fungsi tubuh kita untuk membakar kalori kenapa? Ini sebabnya, karena kalori kan dibakar oleh otot-otot. Makin besar otot, makin banyak juga kalori yang bisa dibakar. Seperti yang kita ketahui semuanya bahwa seorang atlet binaraga perlu makan banyak dan tinggi kalori, untuk memelihara ototnya. Jadi kalau jumlah masa jaringan otot berkurang, maka hanya sedikit saja kalori yang dibakar. Malah nantinya akan bertambah gemuk tuh tubuhnya

Jadi bagaimana cara menguruskan atau menurunkan berat badan dengan benar? Cara mengurangi berat badan apabila kita tuliskan dalam bentuk persamaan matematika kira-kira bentuknya seperti ini:
Pelihara otot + bakar lemak ——————-> turunkan berat badan.

Jadi, selain mengikuti 7 langkah yang telah disebutkan di atas, cara menurunkan berat badan yang terbaik ialah dengan PROTEIN. Kok kenapa protein? Karena dengan protein yang cukup, maka akan membantu memelihara jaringan otot dan jaringan ototlah yang membakar lemak hingga pada hasil akhirnya bisa yang ingin dicapai adalah mendapatkan berat badan yang ideal.

Penggunaan Protein untuk membantu menurunkan berat badan

Berikut ini manfaat protein bagi tubuh:
  1. Peningkatan asam amino (leucine) membantu menurunkan kadar gula dalam darah
  2. Protein membangun sel-sel otot untuk pembakaran kalori
  3. Asam amino membantu dalam sintesis protein oleh otot
  4. Membantu tubuh untuk memeliharan massa otot, pada waktu yang sama membakar lemak.

Akhir kata, itulah sedikit tips menurunkan berat badan secara alami yang bisa penulis sampaikan. Semoga memberikan  manfaat semua pembaca yang masuk ke blog sederhana ini. Salam sehat.

Pranala Luar: Manfaat protein shake
                      Obesitas

Bacaan Lainnya:

If you enjoyed this article, sign up for free updates.

author picture

About Author

I'am Yuwira Nicolas, a part-time blogger and template designer from Indonesia who is the founder And Author of Kait Kata. I love create Blogger Themes, write about blog design, And Blogspot tweaks. You can subscribe me on G+ @ Yuwira Nicolas .