Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

cara menghilangkan noda bekas jerawat
Bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat? Adakah cara terbaik untuk menghilangkan noda atau flek hitam sisa jerawat di wajah? Ini adalah pertanyaan yang paling sering diajukan oleh banyak orang. Hal ini memang terasa sangat menjengkelkan karena untuk membersihkan sisa-sisa jerawat bisa lebih sulit daripada cara menghilangkan jerawat itu sendiri. Bekas jerawat bisa terus bertahan di wajah dalam waktu yang cukup lama. Jika anda adalah salah satu orang yang mengalami masalah ini, maka baca terus tips-tips yang kami sajikan di artikel ini.

Apabila jerawat sudah sembuh, maka ini akan meninggalkan bekas kemerahan atau efek noda hitam. Ini sebenarnya bukan bekas jerawat tetapi efek dari radang jerawat. Jika tidak ada  jerawat baru yang tumbuh lagi, maka kulit akan sembuh dengan sendirinya. Proses penyembuhan ini bisa memakan waktu 6 sampai 12 bulan. Dampak akibat jerawat lebih dari setahun dikenal bekas jerawat. Biasanya parut ini permanen dan membuat kulit muka terlihat gelap dan kurang menarik. Untuk menghindarinya pengobatan awal bisa dilakukan.

Perawatan Awal untuk bekas Jerawat

Radang kulit karena jerawat adalah satu proses penyembuhan yang normal.Di sini ada beberapa langkah yang bisa anda dilakukan untuk membantu perawatan awal bekas jerawat. Pengungkapan kepada matahari memperlambat proses penyembuhan radang jerawat dan merusak kulit. Jadi penggunaan sunblock yang sesuai sangat penting. Dokter bisa memberi krim tretinoin untuk mempercepat proses Remodeling kulit. Penggunaan peeling agent seperti AHA (Alpha Hydroxy Acid) yang sesuai juga bisa mempercepat proses normalisasi kulit. Jangan memencet jerawat atau bekas jerawat. Ini akan mengganggu proses penyembuhan jerawat. Hal ini juga bisa menyebabkan bakteri yang ada di dalam jerawat menyebar lebih ke dalam kulit. Ini dapat menyebabkan parut jerawat yang lebih parah lagi. Penggunaan krim antioksidan seperti Vitamin C juga membantu memulihkan efek jerawat.

Perawatan Parut Bekas Jerawat


Dengan kemajuan teknologi laser dermatologi / aesthetic, kini perawatan yang paling efektif untuk perawatan bekas jerawat adalah dengan menggunakan laser. Dua jenis laser yang paling efisien adalah laser CO2 (karbon dioksida) atau Erbium Yag. Kedua laser ini adalah dalam kategori ablative. Ini ditujukan untuk meratakan area kulit yang dirawat dengan laser. Ia juga akan merangsang kulit untuk membentuk kolagen. Ini menyebabkan kulit akan terlihat lebih tegang, efek bekas jerawat kurang dalam dan pori pori muka terlihat lebih halus. Proses perawatan ini perlu dilakukan beberapa sesi di antara enam sampai delapan minggu.

Masalah jerawat adalah masalah utama untuk remaja. Masalah ini menjadi lebih rumCara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alamiit ketika remaja mulai mencoba berbagai jenis produk. Saya bisa memberi beberapa tips dan panduan untuk remaja yang memiliki masalah jerawat.

1. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan yang tinggi seperti buah-buahan citrus, nenas, kiwi dan anggur. Kebanyakan sayur sayuran juga memiliki antioxidan yang tinggi.

2. Stres juga bisa membuat jerawat tumbuh dengan banyak. Karena itu lakukan aktivitas yang bisa mengurangi stres dan menyehatkan seperti berolahraga

3. Sebelum produk perawatan bekas jerawat diletakkan di muka, wajah harus bebas minyak, berbasis air dan non-comedogenic (tidak menyumbat pori-pori muka). Gunakan pembersih muka yang sesuai dan jangan mencuci muka dengan sabun mandi.

4. Jika peralatan kosmetik Anda menyebabkan tumbuh whitehead atau blackhead, ganti ke merek lain. Yang terbaik adalah kosmetik berbasis mineral. Kosmetik di muka harus dicuci sebelum tidur.

Perubahan hormon juga bisa menyebabkan jerawat yang parah. Jika langkah langkah di atas tidak dapat membantu, perawatan seperti antibiotik, chemical peeling, photofacial dan perawatan hormon dapat membantu. Silahkan berkonsultasi kepada ahli kulit.

Parut di muka biasanya disebabkan oleh efek jerawat. Namun ia juga bisa disebabkan efek cedera seperti terbakar atau luka. Sejauh ini belum ada produk yang bisa merawat efek parut dengan efisien. Jika parut itu tidak dalam, perawatan seperti chemical peeling dan Microdermabrasion bisa membantu mengurangi masalah parut. Tetapi jika parut itu dalam dan banyak, pengobatan yang sesuai adalah laser CO2 atau Erbium YAG. Perawatan yang dibutuhkan adalah sebanyak tiga sampai lima sesi. Perawatan ini adalah yang terbaik untuk masalah parut.

Bekas Jerawat di Punggung dan Badan

Untuk merawat bekas Jerawat di punggung ataupun badan, Anda disarankan untuk menggunakan antibiotik yang sesuai seperti Minocycline HCL. Ini bertujuan membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat itu bengkak dan sakit. Selama perawatan antibiotik, anda disarankan menggunakan krim benzoyl Peroxide (seperti merek Oxy, atau merek sejenisnya, silahkan konsultasikan dengan ahli kulit anda) agar pengobatan lebih efektif. Jika jerawat tersebut memiliki blackhead, pengobatan seperti krim tretinoin harus digunakan. Namun Anda dianjurkan bertemu dokter untuk mengidentifikasi pengobatan yang sesuai.

TAMBAHAN

cara menghilangkan bekas jerawat dengan jeruk nipis dan madu
Anda Juga bisa menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan jeruk nipis, madu dan dengan tomat. Caranya??.....
1. Untuk Jeruk nipis:
- Ambil jeruk nipis lalu cuci bersih dan belah menjadi beberapa bagian
- Cuci muka anda dengan air hangat, jangan air panas ya menghilangkan lebih bagus lagi kalau anda menggunakan handuk lembut dan bersih, basahkan handuk itu lalu tempelkan di bagian bekas jerawat. Lakukan ini beberapa kali tujuannya untuk membuka pori-pori.
- Selanjutnya gosokkan potongan jeruk nipis tadi ke bagian bekas jerawat tadi secara merata sambil diberi pijatan kecil. Agak terasa perih memang, tapi jangan khawatir itu hanya sebentar.
- Kemudian cuci muka anda dengan air hangat tadi hingga bersih dan terakhir cuci dengan air dingin. Lakukan ini setiap hari selama 2 minggu untuk melihat perubahannya.

2. Dengan Madu
Untuk langkah ini tergolong mudah anda cukup menjadikan madu sebagai masker di wajah anda. Tapi sebelumnya anda perlu membersihkan mencuci wajah anda dari sisa-sisa kosmetik dan keringkan dengan handuk. Selanjutnya baru dioleskan secara merata dengan madu. Diamkan antara 30 hingga 45 menit, lalu basuh dengan air hangat.

menghilangkan flek hitam noda bekas jerawat dengan tomat
3. Menggunakan buah tomat
Cara ini juga sangat mudah, cukup iris tipis tomat merah yang segar lalu tempelkan diwajah anda. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam buah tomat dipercaya mampu membersihkan/menghilangkan noda atau flek sisa jerawat.




Itulah sedikit tips untuk menghilangkan flek hitam atau noda bekas jerawat yang masih tersisa di wajah anda, semoga tips ini bermanfaat untuk pembaca semua. Salam Sehat

If you enjoyed this article, sign up for free updates.

author picture

About Author

I'am Yuwira Nicolas, a part-time blogger and template designer from Indonesia who is the founder And Author of Kait Kata. I love create Blogger Themes, write about blog design, And Blogspot tweaks. You can subscribe me on G+ @ Yuwira Nicolas .