8 Tips Meningkatkan Metabolisme Tubuh Anda

Metabolisme dalam tubuh setiap orang berbeda-beda tergantung pada individu tersebut. Ada yang mengalami metabolisme tinggi dan ada yang sebaliknya. Bila seseorang menjelang usia 20an ke atas atau pun mulai menginjak 40an ke atas, kadar metabolisme kita akan mulai menurun dan akan menunjukkan tanda-tanda kenaikan berat badan yang drastis dibandingkan sebelumnya. Kalau dulu banyak jenis makanan yang Anda makan masih dapat mempertahankan bentuk dan berat badan yang ideal, kini tidak lagi.

Bayangkan Anda telah melakukan diet dengan mengurangi makan tetapi ketika Anda makan dengan jumlah yang lebih banyak, maka berat Anda akan cepat meningkat dan tidak menunjukkan penurunan. Apakah ini tidak mengkhawatirkan? Bukan saja membuat Anda khawatir, malah Anda akan hilang motivasi untuk terus berdiet.

Kadar metabolisme ini tergantung pada beberapa faktor. Pria lebih mudah untuk membakar kalori dibandingkan perempuan berdasarkan ukuran otot mereka yang lebih besar. Yang muda lebih mudah untuk membakar kalori dibandingkan yang sudah berumur. Meskipun Anda tidak bisa mengontrol dari segi umur, genetik dan juga jenis kelamin, berikut ini KaitKata memberikan beberapa tips yang bisa meningkatkan metabolisme Anda.

6 Cara Meningkatkan Metabolisme tubuh

1. Olahraga
Tubuh kita selalu membakar kalori, meskipun pada waktu kita istirahat. Kadar metabolisme saat istirahat ini menjadi lebih tinggi ketika seseorang memiliki otot yang lebih besar. Setiap 0.5kg berat otot menggunakan energi sekitar 6 kalori setiap hari hanya untuk mempertahankan ukuran otot tersebut saja dibandingkan 1 pound atau 0.5 kg lemak hanya membakar 2 kalori saja sehari. Perbedaan yang kecil ini akan semakin signifikan seiring pertambahan waktu. Bila Anda melakukan aktivitas seperti mengangkat suatu beban misalnya, otot Anda akan bekerja keras dan akan menambah kadar metabolisme ketika Anda istirahat.

2. Tingkatkan intensitas olahraga Anda
Olahraga aerobik mungkin tidak membantu Anda membangun otot yang lebih besar, tetapi dapat meningkatkan metabolisme Anda beberapa jam setelah Anda berolahraga. Kuncinya, melakukan extra. Olahraga yang lebih memberikan Anda pembakaran lemak dengan lebih besar dan lebih lama dari jogging biasa. Caranya, jika Anda lari, tingkatkan kecepatan Anda dalam waktu yang singkat dan diselingi dengan kecepatan biasa. Atau jika Anda pergi ke gym, lakukan olahraga yang lebih berat dari biasa dengan waktu istirahat dikurangi.

3. Banyak minum air
Tubuh membutuhkan air untuk memproses kalori. Jika Anda mengalami dehidrasi, tingkat metabolisme Anda akan menurun. Di dalam penelitian yang telah dilakukan, seseorang yang minum 8 gelas air membakar kalori lebih tinggi dari seseorang yang minum hanya 4 gelas air saja sehari.

4. Minum minuman yang dingin.
Tubuh akan mencoba memproses untuk meningkatkan suhu air tersebut jika Anda minum air yang didinginkan. Untuk meningkatkan suhu air tersebut membutuhkan energi, daTips Meningkatkan Metabolismen dari situ tubuh Anda akan mencoba membakar lebih banyak kalori dibandingkan biasa. Penelitian menyarankan 5 sampai 6 gelas air es bisa membakar 10 kalori ekstra setiap hari. Anda juga bisa mendapatkan manfaat dengan meminum kopi maupun teh hijau dengan meletakkan es. Asalkan kopi dan teh hijau tersebut tidak memiliki gula.

5. Makan lebih sering dengan porsi lebih sedikit.
Makan dalam banyak sudah pasti menambah berat. Tetapi makan lebih sering membantu Anda meningkatkan tingkat metabolisme. Bila Anda hanya makan 3 kali sehari sudah pasti ketika anda makan, Anda  akan mengambil satu porsi yang besar dibandingkan dengan makan lebih dari 3 kali sehari. Metabolisme tubuh Anda akan turut juga menurun. Bila Anda mengambil makanan dengan lebih sering Anda dapat mempertahankan metabolisme tubuh Anda agar tidak turun. Sebaiknya makan setiap 2 jam setengah dengan porsi yang sedikit tetapi lebih sering.

6. Tinggikan protein dalam makanan.
Silahkan membaca kembali artikel Cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat. Di situ sudah dijelaskan apa manfaat protein bagi otot anda. Tubuh membutuhkan lebih banyak kalori untuk mengolah makanan yang mengandung protein dibandingkan makanan yang mengandung lemak dan juga karbohidrat. Protein membutuhkan 25% lebih energi dibandingkan lemak untuk diolah. Meskipun Anda meinginkan makanan yang seimbang, dengan mengganti sedikit sumber karbohidrat Anda dengan makanan yang kaya dengan sumber protein dapat merangsang tingkat metabolisme Anda.

7. Minuman teh hijau
Sudah begitu banyak penelitian yang menunjukkan manfaat teh hijau. Sudah diakui secara umum kebaikan teh hijau untuk kesehatan tubuh. Di dalam penelitian ilmiah, ketika seseorang minum sekitar 2 cangkir teh hijau sehari, ternyata mampu membakar kalori di dalam tubuh hingga 17% lebih tinggi dari biasa dalam waktu singkat.

8. Hindari diet yang ekstrim atau berlebihan.
Diet yang ekstrim justru akan mengakibatkan pembakaran kalori menjadi berkurang tidak sampai dengan 1000 kalori, padahal untuk bisa menurunkan berat badan setidaknya harus membakar 1000 kalori per hari. Walaupun diet ini memungkinkan Anda menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat tetapi justru akan menyebabkan metabolisme Anda menjadi lambat.

 Diet yang terlalu ekstrim juga akan menyebabkan sebagian dari masa otot juga berkurang, padahal jaringan ototlah yang bertugas untuk membakar kalori. Diet yang ekstrim tidak hanya berdampak pada lemak tetapi juga pada otot. Semakin berkurang masa otot Anda semakin rendah metabolisme Anda.

Akibatnya, badan Anda akan mulai mengadaptasi dan membakar kalori dengan lebih rendah dan mudah menyebabkan berat Anda bertambah secara mendadak lebih tinggi daripada sebelum Anda menjalankan diet.

Dampak dari makanan dan minuman yang telah dijelaskan tadi hanyalah sebagian kecil saja dibandingkan apa yang Anda butuhkan untuk mempertahankan penurunan berat badan Anda. Itulah 8 tips untuk meningkatkan metabolisme tubuh

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:
Untuk yang mengalami masalah jerawat, tips berikut ini mungkin bermanfaat
Hal Yang perlu dihindari saat mencuci muka 
Kalau jerawatnya sudah sembuh silahkan baca cara mencegah jerawat tumbuh kembali di wajah

If you enjoyed this article, sign up for free updates.

author picture

About Author

I'am Yuwira Nicolas, a part-time blogger and template designer from Indonesia who is the founder And Author of Kait Kata. I love create Blogger Themes, write about blog design, And Blogspot tweaks. You can subscribe me on G+ @ Yuwira Nicolas .