5 Mitos Populer dalam Menghilangkan Jerawat

Mitos dalam menghilangkan jerawat - Kait kata
Mungkin Anda pernah atau bahkan sering mendengar banyak sekali tips tentang cara menghilangkan jerawat. Apakah Anda tahu kebanyakan dari tips yang pernah Anda dengar itu ada yang benar dan ada yang juga yang tidak benar?

Hari ini Blog Kait Kata akan mengungkapkan lima mitos yang populer dan penjelasannya yang harus Anda tahu. Kebanyakan mitos ini bukan saja tidak dapat mengobati jerawat, bahkan bisa memperburuk kondisi jerawat Anda.

Lima mitos dalam menghilangkan jerawat itu adalah sebagai berikut :

1. Mencuci muka terlalu sering bisa membantu menghilangkan jerawat

Kebanyakan jerawat yang terjadi bukan disebabkan kotoran. Dinding liang pori sebenarnya jauh di dalam kulit dan sulit kotoran pada permukaan kulit ingin sampai ke bawah. (Berbeda dengan iklan di TV)

Mencuci muka sebenarnya untuk membuang kotoran dan sel kulit mati pada permukaan kulit saja. Cuci muka yang sering dan kuat dapat membukakan lagi dinding liang pori dan menolak kotoran sampai ke dinding liang pori. Akibatnya liang porMitos dalam menghilangkan jerawati tersumbat dan menyebabkan jerawat terjadi.

Cara yang terbaik adalah mencuci muka dua kali sehari dengan perlahan-lahan. Baca tulisan saya sebelumnya tentang tips cara mencuci muka dengan benar

2. Stress penyebab jerawat

Stress mempengaruhi hormon Anda. Reaksi hormon akibat stres menyebabkan kelenjar minyak pada liang pori menjadi aktif yang akan mengeluarkan sebum / minyak dan menghasilkan kulit mati dengan banyak.

Akibatnya jerawat akan tumbuh jika Anda tidak mencuci dengan cepat. Kebanyakan penyebab stress disebabkan oleh kekurangan tidur. Jika Anda kekurangan waktu tidur, jangan terkejut jika jerawat tumbuh di muka setelah Anda bangun dari tidur . Mitos ini bisa diterima dan digunakan.

3. Matahari membantu menghilangkan jerawat

Berjemur di bawah sinar matahari selama 10 - 20 menit sehari dapat membantu menghilangkan jerawat terutama jerawat yang tumbuh di bagian badan. Selain memberikan Vitamin D (bagus untuk kulit Anda matahari juga dapat membunuh bakteri di permukaan kulit.

Apa yang tidak baik adalah berjemur pada sinar matahari terlalu lama yaitu sekitar satu jam ke atas. Akibatnya matahari akan merusak kulit dan menyebabkan kulit Anda terasa gatal. Gejala ini tidak secara langsung akan menyebabkan jerawat. Biasanya dalam waktu satu sampai dua minggu jika tidak dirawat dengan segera jerawat akan tumbuh. Jika Anda memiliki jerawat, mencoba ingat kembali apakah Anda rentan pada matahari terlalu lama pada minggu yang lalu? . Jadi, hindari diri Anda rentan dari sinar matahari terlalu lama.

4. Memencet jerawat bisa menghilangkan jerawat dengan cepat

Saya rasa Anda sendiri pun tahu bahwa memencet jerawat bisa lebih membahayakan lagi kondisi jerawat anda di saat ini tetapi banyak juga yang masih melakukannya. (Mungkin memencet jerawat karena geram kali ya . Apa pun alasannya itu, jerawat masih tidaklah boleh dipencet secara sewenang-wenang.

Banyak yang menyangka bahwa memijit jerawat dengan tangan adalah untuk mengeluarkan jerawat dari permukaan kulit. Pernyataan ini salah. Karena pada saat memijit jerawat sebenarnya Anda menolak/menekan lagi bakteri, minyak dan sel kulit mati yang akan keluar jauh di dalam kulit.

Akibatnya kulit akan luka, bengkak dan kemerahan. Bagi yang beruntung ia akan meninggalkan bekas parut hitam yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk hilang. Bagi yang kurang beruntung ia akan meninggalkan parut berlubang selama-lamanya.

So, jangan pencet jerawat sembarangan ya!

5. Anda harus membiarkan saja jerawat sembuh sendiri

Mungkin banyak yang sudah putus asa setelah mencoba berbagai produk dan cara untuk menghilangkan jerawat tetapi tidak berhasil dan Anda memutuskan untuk membiarkan saja jerawat itu sembuh sendiri.

Jangan biarkan jerawat Anda begitu saja. Karena tidak akan sembuh sendiri malah akan bertambah parah jika tidak segera ditangani.

Sebenarnya jerawat bisa sembuh kalau tepat cara penanganannya. Tidak ada rahasia untuk memiliki kulit yang cantik, bersih dan licin. Yang penting anda memiliki niat yang sungguh serta mengenali ciri-ciri jerawat yang anda alami

Jika Anda masih tidak berhasil menghilangkan jerawat setelah mencoba berbagai produk, nasihat saya berhenti membuang uang dan waktu Anda mencoba produk jerawat yang lain. Beralih ke cara lain yaitu ke dokter ahli kulit. Beliau akan memberikan nasihat dan obat yang sesuai dengan kulit Anda. (Saya rasa pelik sebab ada banyak jenis produk jerawat di pasar tetapi masih banyak yang menderita dengan masalah jerawat mereka. Anda tak rasa aneh?)

Meskipun mendapatkan layanan dokter membutuhkan investasi yang agak besar tapi terbukti dan bahkan mungkin Anda akan dapat mengatasi masalah jerawat selama-lamanya.

Itu saja beberapa mitos seputar jerawat. Sebenarnya banyak lagi mitos tentang jerawat. Di sini KaitKata hanyakan sebutkan lima mitos paling populer. Mungkin nanti kami akan posting tentang mitos jerawat yang lain satu hari nanti .... Tunggu ya!)

Saran saya yang terakhir temuilah dokter sebelum Anda mencoba berbagai jenis produk jerawat untuk menyelamatkan kulit muka Anda dari jerawat yang tambah parah.

If you enjoyed this article, sign up for free updates.

author picture

About Author

I'am Yuwira Nicolas, a part-time blogger and template designer from Indonesia who is the founder And Author of Kait Kata. I love create Blogger Themes, write about blog design, And Blogspot tweaks. You can subscribe me on G+ @ Yuwira Nicolas .