Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, mudah dan efektif



Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, mudah, cepat dan efektif. 
Cara menghilangkan Jerawat
Ilustrasi

Pertanyaan itu sering dilontarkan oleh anda yang sedang mengalami gangguan karena masalah jerawat. Banyak sekali tips-tips dan saran-saran yang bisa kita temui tentang bagaimana cara yang mudah untuk menghilangkan jerawat, baik itu informasi online seperti blog maupun dari majalah-majalah kesehatan. Namun seringkali kita temui bahwa cara-cara itu hanya efektif bagi orang-orang tertentu saja dan tidak setiap orang yang mengikuti langkah-langkah tersebut akan berhasil dalam menerapkannya. Lalu cara atau tips seperti apakah yang efektif supaya benar-benar bisa mengatasi jerawat yang membandel? Sebelum memberikan tips-tips nya, maka ada baiknya terlebih dahulu kita mengenali atau mengetahui pengertian jerawat dan apa yang menyebabkan jerawat pada wajah anda?


1. Pengertian atau definisi Jerawat

Jerawat adalah gangguan pada kulit akibat dari kelebihan produksi kelenjar minyak yang menyebabkan terjadinya infeksi dan radang pada kulit manusia. Pengertian lain yaitu situasi tatkala pori-pori kulit mengalami suatu penyumbatan yang mengakibatkan minyak yang diproduksi di dalam tubuh terhalang dan tidak bisa keluar. Keadaan ini apabila terus berlanjut akan menyebabkan terjadi penggumpalan. Jerawat sangat sering muncul pada orang yang menginjak usia remaja bahkan tak jarang orang yang sudah dewasa sekalipun bisa terkena jerawat. Menurut Kligman seorang peneliti masalah jerawat, "bahwa tidak seorangpun yang ada di dunia ini yang tidak pernah mengalami jerawat pada kulitnya". Kemunculan jerawat pada kulit bisa mengakibatkan seseorang kehilangan rasa percaya dirinya.

2. Gejala dan Ciri-ciri Jerawat

Gejala dari jerawat sendiri bisa bermacam-macam tergantung pada jenis dan tingkat keparahan jerawat tersebut. Gejala paling umum yaitu timbulnya benjolan yang berwarna kemerahan atau kuning yang mengandung nanah. Ciri-ciri jerawat juga bisa dikelompokkan menjadi dua kategori yaitu jerawat yang meradang dan dan tidak meradang:

Jerawat Yang Meradang

Jerawat yang meradang ciri-cirinya berwarna kemerah-merahan dan terjadi peradangan serta pembengkakan, juga gejala adanya iritasi pada kulit. Meskipun jerawat bukan merupakan kondisi medis yang serius, tapi ada baiknya anda mewaspadai supaya tidak menimbulkan kondisi yang lebih parah yang berakhir pada kerusakan kulit fatal. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan yang memahami masalah kesehatan.

Jerawat yang tidak meradang

Kalau jerawat yang termasuk tipe ini secara kasat mata kurang terlihat, namun menyebabkan kulit anda terasa kasar. Tapi walau tidak terlihat bukan berarti anda membiarkan begitu saja karena jerawat yang tidak meradang bisa menjadi jerawat yang meradang juga pada akhirnya.

3. Penyebab Munculnya Jerawat

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan munculnya jerawat pada kulit, namun secara umum yang menyebabkan munculnya jerawat adalah sebagai berikut:

1. Akibat dari aktifitas hormon

Tidak bisa dipungkiri bahwa bahwa setiap orang akan melewati masa pergantian siklus hormonal terutama pada masa remaja yang dikenal dengan masa pubertas. Yaitu masa dimana seseorang menginjak usia remaja. Pada masa ini seorang yang memproduksi hormon bisa mengakibatkan kelenjar  minyak yang berlebih. Siklus hormonal juga terjadi pada masa menstruasi seorang wanita yang salah satunya menyebabkan munculnya jerawat.

2. Produksi minyak yang berlebihan atau kelenjar minyak yang terlalu aktif

Selain karena kulit yang kotor, jerawat juga muncul akibat dari produksi kelenjar minyak yang berlebihan. Keadaan inilah yang menyebabkan penyumbatan pada pori-pori dan saluran folikel rambut. Hal ini bisa dikarenakan salah makan atau tidak cocok dengan makanan tertentu.

3. Karena Faktor Keturunan atau Genetik

Faktor genetik ini juga turut mempengaruhi munculnya jerawat. Pepatah mengatakan "buah jatuh tidak jauh dari pohonnya". Jadi apabila orang tua baik dari ayah atau dari ibu adalah orang yang mudah terkena jerawat, maka kemungkinan ini juga bisa menurun kepada anaknya.

4. Akibat dari Sel-sel Kulit Mati

Seiring bertambahnya usia, maka akan terjadi pergantian sel-sel di dalam tubuh. Tidak terkecuali dengan kulit. Sel-sel yang mati akan digantikan dengan sel-sel yang baru. Tetapi apabila tidak telaten dalam merawat kulit misalnya jarang dibersihkan atau dibersihkan tapi tidak benar-benar bersih, maka sel-sel ini akan menumpuk dan bercampur dengan minyak yang berlebihan akhirnya berakibat iritasi dan menimbulkan jerawat.

5. Karena Bakteri

Apabila sel kulit yang mati serta minyak yang berlebih terinfeksi oleh bakteri maka otomatis juga akan menginfeksi juga pada kulit. Kulit yang sudah terinfeksi karena bakteri inilah yang akan mengalami iritasi sebagai bentuk reaksi tubuh/kulit dalam melawan bakteri dari luar yang berbahaya.

6. Penggunaan atau konsumsi obat-obatan

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu bisa menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat. Obat-obatan yang mengandung unsur kimia tertentu seperti kortikosteroid baik yang diminum (oral) maupun yang penggunaanya dioles bisa mengakibatkan turunnya daya tahan tubuh. Menurunnya daya tahan tubuh maka aktifitas bakteri patogen akan meningkat.Cara Menghilangkan Jerawat secara alami Peningkatan aktifitas bakteri + produksi minyak berlebih + penyumbatan pori-pori karena menumpuknya sel kulit mati = kemunculan jerawat.

7. Karena Pemakaian Kosmetik

Mengapa kosmetik juga bisa menyebabkan jerawat? Hal itu dikarenakan banyak dari kosmetik yang beredar di pasaran mengandung zat-zat yang tidak cocok untuk kulit. Jika si A cocok menggunakan kosmetik X, belum tentu si B cocok menggunakan kosmetik yang sama. Jenis kosmetik yang bisa menyebabkan jerawat adalah yang mengandung unsur minyak, zat pewarna dan pengharum.

8. Karena Makanan dan Minuman yang menyebabkan Jerawat

Makanan dan minuman seperti apa yang bisa menyebabkan jerawat? Makanan dan minuman yang manis, dimasak dengan santan, es krim dan minuman ringan yang mengandung kafein. Belum lagi makanan sekarang                      
yang kebanyakan digoreng.

9. Akibat dari Stress

Tuntutan hidup zaman sekarang yang semakin dinamis, tekanan dari pekerjaan dan kemacetan di kota-kota besar tak jarang bisa menimbulkan stress. Hal ini secara tidak langsung berdampak pada pola makan. Kebiasaan orang yang stress menjadikan makanan yang manis dan berlemak sebagai "pelarian" bisa memicu timbulnya jerawat.
Bersambung ke  bagian 2

Pranala luar:
Wikipedia.org
gambar: ehow.com


If you enjoyed this article, sign up for free updates.

author picture

About Author

I'am sekadau, a part-time blogger and template designer from Indonesia who is the founder And Author of Kait Kata. I love create Blogger Themes, write about blog design, And Blogspot tweaks. You can subscribe me on G+ @ sekadau .